“LUPUS PERLU DIKENALI TIDAK USAH DITAKUTI”

Lupus bukan sebuah cerita drama tapi sebuah penyakit,  beberapa waktu lalu lupus merupakan suatu penyakit yang belum terlalu dikenal tapi dengan berjalannya waktu lupus bagai sebuah jamur yang tumbuh cepat di berbagai tempat.

Lupus berasal dari bahasa latin yang berarti serigala,ini disebabkan karena pada penderita lupus yang disebut juga odapus terdapat ruam merah dipipinya yang disebut butterfly rash , lupus juga sering disebut dengan systemic lupus erithematosus (SLE).

Apakah Lupus itu?

Lupus merupakan penyakit “autoimun” kronik yang dapat mengenai kulit,susunan saraf,sendi,ginjal,paru dan bagian tubuh yang lainnya. Pada penyakit lupus ini imun yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri , malah sebaliknya jaringan tubuh yang sehat malah diserang oleh imunnya sendiri.

 Apa penyebab lupus?

Sampai sekarang penyebab terjadinya serangan lupus belum diketahui tetapi ada beberapa  faktor yang mempengaruhi yaitu genetenetik (keturunan),lingkungan  (obat-obatan,racun,makan,dan sinar matahari)

Apakah lupus menular?

Lupus tidak menular ,karena lupus bukan penyakit menular .

Bagaimana gejala lupus?

Gejala lupus pada setiap odapus bisa berbeda-beda karena lupus merupakan penyakit yang pandai meniru dan multisistem, oleh karena itu kadangkala dokter sulit untuk mendiagnosa penyakit itu.

Biasanya gejala yang umum dirasakan oleh odapus merasa lelah atau badannya lemah,demam,bercak pada kulit,hb menurun,trombosit kurang,dan nyeri pada otot dan persendian ,kadangkala gejala ini dapat diartikan dengan penyakit flu atau demam berdarah.

Lupus biasanya mengenai berbagai alat tubuh gejala yang dirasakan antara lain:

 

 

 

System otot dan tulang

Sakit pada sendi pada kedua sisi (kiri ataupun kanan) tanpa merusak sendi tersebut  gejal ini sering menyerang bagian tangan , lutut dan pegelangan tangan .

Kulit dan rambut

Serangan pada kulit dan rambut 90% terjadi pada odapus , pada serangan ini ditemukan seperti kemerahan pada wajah  (butterfly rash) yang dicetuskan karena sinar matahari, selain itu juga terdapat serang discoid pada kulit ,rambut menjadi rontok dengan pengobatan yang baik insya allah serangan pada kulit dan rambut dapat dihilangkan/disembuhkan

Darah

Setengah penderita lupus mengidap anemia selain itu juga terdapat jumlah trombosit dan lekosit yang rendah dari pada orang sehat , hal ini menyebabkan pendarahan dan mudah terinfeksi.

Mata

Kerusakan pada mata jarang didapati pada odapus kerusakan retina dapat terjadi karena akibat pengobatan lupus dengan menggunakan antimalaria (chloroquine) jika menggunakan obat yang demikian hendaklah teratur periksa ke dokter mata juga.

Ginjal

Kerusakan ginjal didapati pada hampir separuh odapus jika kerusakan pada ginjal ini berat biasanya odapus memeriksakan urinnya secara berkala karena stadium awal dari kerusakan ginjal ditandai adanya protein dalam urin . pengobatan yang diperlukan pengobatan imunosupresif

Jantung dan pembuluh darah

Kerusakan jantung dan pembuluh darah yang diderita odapus berupa cairan pada selaput jantung,vegetasi pada katup jantung ,perkapuran (atelrosklerosis)pada pembuluh  darah dan nyeri pada ujung-ujung jari dan perubahan warna dari putih menjadi kebiruan jika terkena udara dingin dan emosi yang meningkat disebut dengan fenomena reynaud

Susunan saraf

15 % Gangguan otak,saraf dan kejiwaan didapati pada odapus, kelainana dapat berupa kejang-kejang ,kelemahan otot ,depresi,gelisah dan stroke.

Paru-paru

Sesak nafas yang dirasakan pada odapus dapat disebabkan karena adanya cairan pada selaput parunya dan juga karena akibat infeksi paru(pneumonia)  

Apakah lupus penyakit turunan?

Lupus bukan penyakit turunan tapi ada beberapa faktor kalau orang tua memegang peranan penting terjadinya pemicu lupus itu aktif pada tubuh odapus ,tapi seberapa besar pengaruh antara satu dengan yang lainnya berbeda-beda pada sebagaian orang rentan terjangkit lupus.

Apakah lupus dapat disembuhkan?

Pada saat ini belum ditemukan cara penyembuhan lupus secara tuntas. Dengan hidup sehat dan pengobatan secara teratur aktivitas lupus dapat ditekan.

Apakah lupus penyakit mematikan?

Setiap yang hidup pasti akan mati,lupus bukan penyakit mematikan tapi dengan adanya infeksi dan komplikasi itu yang menimbulkan kematian kepada odapus.

Apakah saya dapat terserang lupus?

Lupus sering menyerang kaum perempuan dibandingkan kaum laki-laki perbandingannya yaitu 9:1, lupus ini menyerang segala umur tapi lupus sering dijumpai pada usia produktif  15-40 tahun.

Berapa macam tipe lupus?

Tipe lupus ada 6 macam yaitu

·        Cutaneous atau Discoid Lupus Erythematosus (DLE) yaitu ketika reaksi auto immune dari lupus hanya terbatas pada kulit saja dan mungkin memiliki tes darah ANA yang negatif. Sekita 10% pasien lupus Amerika Serikat yang memiliki kondisi ini

·        Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yaitu ketika sistem tubuh seseorang juga memiliki kriteria ACR seperti :

a. Pasien SLE yang memiliki gejala rasanyeri,kelelahan,sakit saat mengambil nafas dalam , demam, kelenjar maupun persendian membengkak atau ruam-ruam kulit tapi tidak termasuk organ – organ internalnya (seperti :jantung, paru-paru-ginjal atau hati) disebut sebagai Non_Organ-Threatening Disease. Pasien yang mengalami keadaan ini memiliki harapan untuk hidup normal, dan pada umumnya jika pada umumnya jika dalam lima tahun penyakit ini tidak menyebar maka penyakit ini tidak akn

35%

b. Tapi jika SLE terindikasi menyerang jantung, paru-paru, ginjal atau ketidak normalan serius pada hati dan darah maka keadaan ini yang disebut Organ – Threatening – Disease. Hal ini mungkin dapat mengancam nyawa pasien dirawat dengan corticossteroids atau intervensi lainnya. Sekitar 35 % dari seluruh pasien lupus yang berada dalam kategori ini.

·        Drug Induced Lupus Erythematosus menyerang 10 % pasien lupus yang ada dimana penyakit ini disebabkan oleh suatu resep obat. Pasien sakit karena obat ini biasanya tidak terlalu parah seperti pasien SLE dan akan sembuh setelah pasien berhenti mengkonsumsi obat tersebut.(pengobatan jangka pendek diperlukan bagi pasien ini)

·        Mixed Connective Disease (MCTD) mungkin menyerang antara 5%-10% individu yang memenuhi kriteria ACR untuk SLE dan juga memenuhi ACR untuk kekebalan berlebihan yang lain seperti sceloderma ( kulit yang merenggang bersama dengan radang sendi), dermato-/polymyositis (radang otot),atau rheumatoid arthritis (radang yang berpotensi merubah / menggeser bentuk persendian). Pasien dapat dikatagorikan dalam tipe ini jika ia juga memiliki autoantibody (anti -RNP) tertentu.

·        Jika mereka tidak memiliki Autoantibody, maka pasien dikatakan memiliki crossover atau overlap syndrome

·        Terakhir, sekelompok pasien yang memiliki gejala-gejala, pertanda dan ketidak normalan hasil tes laboratorium yang mengarah pada lupus tapi tidak memenuhi kriteria ACR pada segala macam bentuk kelainan rematik memiliki Undifferentiated Connective Tissue Disease (UCTD).

 

Bagaimana cara mendiagnosis lupus?

Ahli medis menggunakan 11 kriteria ARA (american reumatism association) . seorang odapus didiagnosa lupus harus mencakup  4 kriteria dari 11 kriteria untuk memastikan diagosa lupus tersebut,kriteria-kriteria itu adalah :

·         Ruam(bercak-bercak) diskoid

·         Ruam malar (di pipi)

·         Radang selaput dalaman, selaput paru atau jantung

·        Kelainan ginjal: protein dalam air kencing melebihi 500mg/ 24 jam

·         Radang sendi non-erosif pada 2 sendi atau lebih

·        Kelainan darah: anemia, leukopenia, trombositopenia

·        Fotosensitifitas

·        Kelainan sistem saraf:kejang atau kelainan jiwa

·        Sariawan di rongga mulut dan tenggorokan

·        Kelainan immunologi (anti ds-DNA positif, anti-antibodi sm positif, atau tes terhadap sifilis palsu atau sel LE positif)

·        Kadar antibodi-antinuklir abnormal ana test

95% odapus di ketahui menginap lupus dengan menggunakan test ANA, test ANA negatif  pada odapus merupakan sebuah bukti kalau gejala-gelaja mengakibatkan serangan sle, apabila test ANA positif belum tentu merupakan gejala dari lupus tapi bisa jadi gejala dari penyakit seperti : Rheumatoid arthritis, Sjorgen’s (show-grens) syndrome, Scleroderma, Penyakit-penyakit menular (mononucleosis, malaria, subacute bacterial endocarditis), Penyakit-penyakit autoimmune(penyakit autoimmune thyroid, penyakit autoimmune liver) 

pemeriksaan laboratorium yang sering dilakukan untuk pasien lupus :

·        ANA TEST (TEST ANTINUCLEAR ANTIBODY)

·        dsDNA  TEST (TEST ANTI-DOUBLE STRANDED)

·        SM TEST (TEST ANTI-SMITH ANTIBODIES)

·        Pemeriksaan laboratorium akan dipadukan dengan pemeriksaan klinis dokter apakah menderita lupus atau tidak

 

 

Mengapa SLE sangat sukar didiagnosa?

Ada beberapa alasan:

•  Systemic lupus adalah penyakit multi system. Sebelum penyakit jenis ini dapat didiagnosa, harus timbul gejala pada bagian-bagian tubuh dahulu. Lalu penelitian laboratorium harus mengidentifikasikan kehadiran penyakit multi system ini.

•  Penyakit ini tidak berkembang sekaligus, tetapi perlahan-lahan seiring dengan waktu. Gejalanya timbul dan hilang silih berganti,dan pada umumnya memakan waktu yang cukup lama untuk akhirnya dapat diindikasi kehadirannya. Jarak waktu tersebut berbeda-beda pada setiap kasus, kadang-kadang memakan waktu berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

•  Systemic lupus juga terkenal dengan sebutan “Great Imitator” (peniru yang hebat) karena dapat meniru berbagai macam penyakit dan keadaannya.

•  Tidak adanya tes khusus untuk mendiagnosa Lupus. Seringkali, orang yang didapatkan positif lupus (dari tes anti nuclear antibody) ternyata tidak mengidap penyakit tersebut.

Apa saja obat-obatan yang digunakan penderita lupus?

•  Anti inflamasi non steroid , obat ini bekerja sebagai anti inflamasi dan umumnya menyebabkan iritasi lambung, seperti ibuprofen (advil dan motrin), naproxen, naprosyn (aleve), clinoril, feldene, voltaren.

•  Kortikosteroid , berfungsi sebagai anti alergi, anti imun dan anti inflamasi, seperti prednison, prednisolone, medrol, deltasone, cortison

•  Anti malaria , obat-obat jenis ini sanget efektif untuk mengurangi sakit pada persendian, luka kulit dan borok di dalam hidung atau mulut, seperti plaquonil.

•  Imunosupresan / kemoterapi , umumnya digunakan pada mereka yang mengalami kambuh yang parah atau untuk menurunkan dosis steroid. Obat ini digunakan untuk menghentikan “overacting”-nya sistem kekebalan tubuh dan juga membantu membatasi kerusakan yang terjadi, sehingga fungsi organ dapat dikembalikan.

Kemana harus memeriksakan diri ?

Memeriksakan diri ke dokter manapun juga bisa tapi dengan perkembangan gejala penyakit yang munculnya satu-persatu tidak dapat didiagnosis secara tepat oleh karena itu perlu berkonsultasi dengan reumathologis.

 

Apakah pencetus kambuhnya lupus?

Lupus dapat tercetus kembali karena paparan sinar matahari dan infeksi ,makanan tertentu, stres , obat-obatan atau kegiatan tertentu yang membuat lupus itu aktif kembali . jika lupus kambuh  timbul kemerahan pada wajah dan pada bagaian tubuh yang lainnya.

Apakah odapus bisa hidup normal?

Dengan pengobatan yang teratur dan hidup secara normal( beraktivitas sesuai dengan kemampuannnya)

Apakah odapus bisa menikah atau mempunyai anak?

Odapus bisa menikah dan mempunyai anak untuk odapus wanita proses kemahamilan lebih baik dipantau oleh seorang dokter agar keselamatan ibu dan bayi dapat terjaga.

Bagaimana hidup dengan lupus?

Meski lupus sudah menjamur tapi setiap pasien odapus mempunyai keterbatasan dalam kehidupannya dalam beraktivitas,terkadang lupus dapat terkontrol atau menjadi berat yang gejalanya  seperti lemas dan pegal-pegal, ini mengganggu aktivitas odapus sehari-hari dengan cara pengobatan yang teratur ,berkonsultasi dengan dokter secara aktif,mengenal dan mengetahui penyakit lupus itu sendiri,pengobatan dan perkembangan penyakit lupus.

Penderita lupus bisa mengalami gangguan mental ,seperti gelisah ,depresi ,marah-marah ,dan menyesali hidup ,dengan konsultasi pada dokter ,dukungan dari keluarga,teman-teman,lingkungan sekitar tapi  yang paling penting mendekatkan diri pada Maha pencipta alam semesta yaitu Allah swt, semua hidup akan terasa menjadi mudah dan ringan mengalir bagai air di sungai.    

 

 

Dari Abi Said dan Abu Hurairah r.a ;Rasulullah saw bersabda:”tidak menimpa seorang mukmin dari penyakit yang menerus,tidak pula lelah,tidak pula sakit tidak pula sedih,sampai pada sesuatu yang menggelisahkannya,kecuali dihapuskan kejelekan-kejelekannya.

”SALURI (PERIKSA LUPUS SENDIRI)”

  1. Sakit /nyeri atau bengkak pada persendian selama lebih dari tiga bulan.
  2. jari tangan atau jari kaki pucat atau tidak nyaman pada saat dingin
  3. sariwan selama lebih dari 2 minggu atau lebih
  4. terjadinya kelainan darah seperti anemia,leukositopenia,atau trombositopenia
  5. terdapat ruam kemerahan berbentuk kupu-kupuyang bersayap melintang meliputi kedua pipi
  6. demam diatas 38 0C tanpa sebab yang jelas dan terjadi secara berulang
  7. nyeri dada saat menarik nafas panjang selama beberapa hari
  8. merasa sangat lemah dan lelah meskipun telah cukup istirahat
  9. kulit menjadi hipersensitif terhadap sinar matahari
  10. terdapat protein pada pemeriksaan urin
  11. kejang

 

sumber buku: Pernak –Pernik Lupus , care for lupus-syamsi dhuha world lupus day 2006

Care for lupus your caring save life,care for lupus –syamsi dhuha world lupus day 2006

Makalah-makalah kesehatan world lupus day 2006

Sumber lainnya: http://www.geocities.com/agustinisuciningtiascareforlupus/

                           http://www.syamsidhuhafoundation.org

About these ads

6 thoughts on ““LUPUS PERLU DIKENALI TIDAK USAH DITAKUTI”

  1. Subhanallah,, terimaksih atas informasinya mba..
    baru2 ini saya juga memiliki teman yang di vonis mengidap lupus,, dan sekarang kondisinya sangat memprihatinkan..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s